Rabu, 05 Oktober 2011

DEFINISI NEW MEDIA


  
      New media atau media, berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”.
Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, mempunyai karakteristik dimanipulasi melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD.

       Banyak orang yang beranggapan new media itu komputer, padahal belum tentu komputer adalah new media, karena itu membatasi definisi “new media” itu sendiri, komputer hanya sebuah mesin dan memang disebut media, tapi tidak bisa menjadi pengukur bahwa media itu adalah new media atau bukan.

       Bila dilihat dari sisi “produksi”, jika sesuatu yang diproduksi dengan teknologi terbaru itu menjadi new media, berarti dengan definisi ini koran cetak juga dapat dibilang sebagai new media, karena koran di produksi dengan komputer dan juga design dengan software – software modern. 

      Jika dilihat dari sisi “distribusi”, jika sesuatu itu menghasilnya sesuatu yang baru misalnya berupa digital  dan baru dapat dikatakan sebagai new media, ini berarti koran cetak termasuk sebagai old media. dan koran online baru di bilang sebagai new media. sulit untuk menjelaskan apa itu new media, karena new media itu dapat dilihat dari berbagai sisi, contohnya segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar