Rabu, 05 Oktober 2011

APLIKASI NEW MEDIA




  • Facebook





 Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang paling banyak diminati orang. Bayangkan saja, tidak hanya remaja, bahkan anak usia 9 tahun pun sudah banyak yang memiliki akun Facebook. Awalnya Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, membatasi keanggotaan jejaring sosial ini hanya untuk mahasisawa Harvard College saja, namun seiring waktu, sekarang setiap orang dapat menjadi anggota di jejaring sosial ini. Untuk membuat akun di jejaring sosial ini sangatlah mudah. Selain open source, kalian hanya diminta mengisi field-field syarat yang umum, seperti nama, email, password, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Sangat mudah kan? Selain itu, di Facebook kita dapat mencari teman baru maupun lama. Hal ini dikarenakan sudah menjamurnya Facebook dikalangan masyarakat, baik di negara kita maupun di negara asing lainnya. Di Facebook juga terdapat chat yang terbagi menjadi dua, yaitu chat pribadi dan chat group. Hal ini memudahkan pemakai untuk dapat berinteraksi dua arah dengan teman. Dengan Facebook kita juga dapat mengunduh foto atau video yang dapat kita sharedengan teman-teman kita. Kita juga dapat mencoba beberapa aplikasi games yang tersedia di Facebook. Dan yang pasti kita dapat mengirimkan wall (comment) ke profil teman kita. Kita juga dapat melakukan yang disebut update status, semacam menuliskan beberapa karakter kata yang mewakili perasaan kita saat itu. Bisa dikatakan kita sudah membuat blog kita sendiri dengan menggunakan Facebook.

 Fitur dan konten yang terdapat di Facebook :
  1. Chat
  2. Status Update
  3. Album Foto dan Video
  4. Foto dan Video Tagging
  5. Wall dan Comment
  6. Notification
  7. Search Engine
  8. Friend List
  9. Birthday List
  10. Group List
  11. Notes
  12. Games
  13. dll.


  • Twitter
  


Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

  • YouTube


 YouTube merupakan sebuah situs video sharing yang digunakan untuk mengungah video secara gratis dan berbagi video kepada setiap orang. Pengguna pun dapat menonton video secara gratis, bahkan tanpa perlu memiliki akun YouTube. YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Kita juga dapat mendownload video yang ada di YouTube tapi dengan menggunakan aplikasi yang bernama YouTube Downloader.

 Fitur dan konten yang terdapat di YouTube :
  1. Browse
  2. Upload
  3. Search Engine
  4. Report a bug
  5. Safety Mode
  6. Location

Tidak ada komentar:

Posting Komentar